Prosedur Pengusulan Penghargaan Satyalancana Karya Satya

Prosedur Pengusulan Penghargaan Satyalancana Karya Satya adalah langkah-langkah untuk mengajukan tanda penghargaan kepada Pegawai Negeri Sipil yang telah berbakti selama 10, 20, atau 30 tahun atau lebih dengan konsistensi dan menunjukkan kualitas seperti kecakapan, kedisiplinan, kesetiaan, dan pengabdian dalam pekerjaannya.

Dasar Hukum: Prosedur ini berdasarkan pada beberapa undang-undang dan peraturan pemerintah yang mengatur penghargaan dan tanda kehormatan, termasuk:

  • Undang-undang Nomor 20 Tahun 2009 tentang Gelar, Tanda Jasa, dan Tanda Kehormatan: Undang-undang ini mengatur tentang pemberian penghargaan kepada individu yang berjasa.
  • Peraturan Pemerintah Nomor 1 Tahun 2010 tentang Dewan Gelar, Tanda Jasa, dan Tanda Kehormatan: Peraturan ini membentuk Dewan Gelar, Tanda Jasa, dan Tanda Kehormatan yang mengatur pemberian penghargaan.
  • Peraturan Pemerintah Nomor 35 Tahun 2010 tentang Pelaksanaan Undang-undang Nomor 20 Tahun 2009 Tentang Gelar, Tanda Jasa, dan Tanda Kehormatan: Peraturan ini menjelaskan implementasi dari Undang-undang Nomor 20 Tahun 2009.

Prosedur Standar Operasi: Proses pengajuan penghargaan Satyalancana Karya Satya melibatkan beberapa tahapan, sebagai berikut:

  1. **Mengecek pada aplikasi/database pegawai apakah mereka memenuhi persyaratan masa kerja, yaitu 10, 20, atau 30 tahun.
  2. **Administrasi Jurusan / Unit Kerja mengirimkan formulir isian Daftar Riwayat Hidup kepada pegawai yang memenuhi persyaratan, yang memerlukan waktu 2 hari untuk pengiriman.
  3. **Pegawai mengisi formulir isian Daftar Riwayat Hidup dengan tulisan tangan rangkap dua dalam waktu 3 hari.
  4. **Administrasi Jurusan / Unit Kerja mengajukan berkas ke Sub Bagian Kepegawaian disertai surat pengantar dari wadir Bidang Umum dan Keuangan, yang memerlukan waktu 1 hari. Berkas yang perlu disiapkan meliputi Daftar Riwayat Hidup, fotokopi SK CPNS, fotokopi SK PNS, dan fotokopi DP3 dua tahun terakhir.
  5. **Sub Bagian Kepegawaian memproses dan mengajukan berkas ke Kepegawaian Eselon 1 BPPSDMP dalam waktu 5 hari.
  6. **Biro Kepegawaian Kementerian Pertanian memberikan Penghargaan Satyalancana Karya Satya dari Presiden, yang memerlukan waktu sekitar 6 bulan.

Persyaratan Administrasi: Untuk mengajukan penghargaan Satyalancana Karya Satya, pegawai harus memenuhi persyaratan administrasi sebagai berikut:

  • Daftar Riwayat Hidup
  • Fotokopi SK CPNS
  • Fotokopi SK PNS
  • Fotokopi DP3 dua tahun terakhir

Prosedur ini membantu menghormati pengabdian jangka panjang PNS yang telah berkontribusi secara signifikan dalam melaksanakan tugas-tugasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *