Pelantikan Pejabat Fungsional

Definisi:

Pelantikan Pejabat Fungsional adalah proses resmi di mana individu yang akan menduduki jabatan administrasi atau jabatan pengawas dalam lingkup kepegawaian diangkat ke dalam jabatannya yang baru. Proses ini melibatkan pengambilan sumpah atau janji yang mengikat pejabat fungsional untuk melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya sesuai dengan peraturan yang berlaku, sebagaimana diatur dalam Pasal 57 Peraturan Pemerintah Nomor 11 Tahun 2017 tentang Manajemen Pegawai Negeri Sipil.

Dasar Hukum:

Pelantikan Pejabat Fungsional berdasarkan ketentuan dalam Peraturan Pemerintah Nomor 11 Tahun 2017 tentang Manajemen Pegawai Negeri Sipil. Selain itu, peraturan Pelantikan dan Pengambilan Sumpah/Janji Jabatan Administrator, Jabatan Pengawas, Jabatan Fungsional, dan Jabatan Pimpinan Tinggi diatur dalam Peraturan Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) Nomor 7 Tahun 2017.

PROSEDUR OPERASI STANDAR:

Proses pelantikan pejabat fungsional melibatkan beberapa langkah sebagai berikut:

  1. Persiapan Bahan dan Data: Sebelum pelantikan, persiapan bahan dan data yang diperlukan untuk pengambilan sumpah atau janji PNS harus dilakukan secara teliti.

  2. Verifikasi Data Peserta: Data peserta pelantikan pejabat fungsional diverifikasi untuk memastikan kecocokan dan kelayakan mereka dalam jabatan yang akan diemban.

  3. Pemrosesan Surat Undangan: Surat undangan untuk peserta, rohaniwan, saksi, dan tamu undangan yang akan hadir dalam pengambilan sumpah atau janji diproses dan disusun dengan baik.

  4. Pelaksanaan Pengambilan Sumpah/Janji: Proses pelantikan mencakup pengambilan sumpah atau janji pejabat fungsional, di mana mereka secara resmi berkomitmen untuk menjalankan tugas dan tanggung jawab jabatan mereka sesuai dengan peraturan yang berlaku.

Persyaratan Administrasi:

Untuk pelantikan pejabat fungsional, persyaratan administrasi yang dibutuhkan termasuk:

  • Surat Keputusan (SK) CPNS yang menunjukkan pengangkatan mereka sebagai Calon Pegawai Negeri Sipil.
  • Surat Keputusan (SK) PNS yang menunjukkan pengangkatan mereka sebagai Pegawai Negeri Sipil yang telah lulus masa percobaan.
  • Surat Keputusan (SK) Pengangkatan Jabatan Fungsional yang mencantumkan jabatan yang akan diemban oleh pejabat fungsional.

Proses pelantikan pejabat fungsional adalah langkah penting dalam pengembangan dan pengelolaan kepegawaian yang memastikan bahwa individu yang menduduki jabatan administrasi atau pengawas memiliki kualifikasi yang sesuai dan komitmen untuk menjalankan tugas dan tanggung jawab mereka secara profesional dan sesuai dengan hukum yang berlaku.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *