Layanan Penyelenggaraan Ujian Dinas dan Ujian Penyesuaian IJazah

Layanan Penyelenggaraan Ujian Dinas dan Ujian Penyesuaian Ijazah merupakan layanan yang berkaitan dengan pelaksanaan Ujian Dinas dan Ujian Penyesuaian Ijazah sebagai bentuk uji kompetensi bagi para pegawai.

Dasar Hukum:

  1. Peraturan Pemerintah Nomor 12 Tahun 2002 tentang Perubahan Atas Peraturan Pemerintah Nomor 99 Tahun 2000 tentang Kenaikan Pangkat PNS: Peraturan Pemerintah ini memberikan dasar hukum terkait dengan prosedur kenaikan pangkat PNS.

  2. Keputusan Kepala Badan Kepegawaian Negara Nomor 12 Tahun 2002 tentang Ketentuan Pelaksanaan Peraturan Pemerintah Nomor 12 Tahun 2002 tentang Perubahan Atas Peraturan Pemerintah Nomor 99 Tahun 2000 tentang Kenaikan Pangkat PNS: Keputusan Kepala Badan Kepegawaian Negara ini memberikan panduan pelaksanaan terkait dengan kenaikan pangkat PNS.

  3. Surat Edaran Bersama Kepala Badan Administrasi Kepegawaian Negara dan Ketua Lembaga Administrasi Negara Nomor 12/SE/1981 dan Nomor 193/Sek.LAN/8/1981 tanggal 5 Agustus 1981 tentang Pelaksanaan Ujian Dinas PNS: Surat Edaran ini memberikan arahan terkait pelaksanaan Ujian Dinas bagi PNS.

Prosedur Operasi Standar:

  • Perencanaan dan penetapan jadwal Ujian Dinas/Ujian Penyesuaian dilakukan.
  • Kegiatan ini diumumkan kepada unit kerja terkait.
  • Para peserta mendaftar untuk mengikuti Ujian Dinas dan Ujian Penyesuaian ijazah.
  • Peserta yang memenuhi persyaratan untuk mengikuti ujian ditetapkan.
  • Para peserta menerima pengarahan sebelum mengikuti Ujian Dinas dan Ujian Penyesuaian ijazah.
  • Pelaksanaan Ujian Dinas dan Ujian Penyesuaian ijazah dilakukan sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan.
  • Hasil ujian dievaluasi.
  • Pengumuman kelulusan dilakukan.

Persyaratan Administrasi: Berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 99 Tahun 2000 tentang Kenaikan Pangkat Pegawai Negeri Sipil yang telah diubah dengan Peraturan Pemerintah Nomor 12 Tahun 2002, persyaratan administrasi untuk mengikuti Ujian Dinas/Ujian Penyesuaian ijazah mencakup:

  • Telah berpangkat selama setidaknya 2 tahun di tingkat yang sesuai dengan jenis Ujian Dinas yang diikuti.
  • Dokumen pendukung seperti pengantar dari instansi/unit kerja, fotokopi surat keputusan pangkat terakhir yang dilegalisir, fotokopi SKP 2 tahun terakhir minimal bernilai baik dan dilegalisir, pas foto berwarna ukuran 2×3 dan 3×4 dengan pakaian dinas harian dan latar belakang merah sebanyak 5 lembar, surat keterangan sehat jasmani dan rohani dari Puskesmas/Rumah Sakit Pemerintah, ijazah dan transkrip terakhir untuk Ujian Penyesuaian Ijazah yang dilegalisir oleh pejabat yang berwenang sebanyak 4 lembar. Selain itu, peserta tidak boleh berada dalam kondisi diberhentikan sementara, menerima uang tunggu, atau cuti di luar tanggungan Negara.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *