Layanan Kenaikan Pangkat Otomatis

Definisi

Layanan Kenaikan Pangkat Otomatis adalah sistem yang memfasilitasi kenaikan pangkat bagi Pegawai Negeri Sipil (PNS) berdasarkan jabatan dalam struktur kepegawaian mereka. Kenaikan pangkat ini memiliki dampak langsung pada penggajian PNS yang bersangkutan.

Dasar Hukum

Prosedur ini merujuk pada beberapa peraturan pemerintah, yaitu:

  1. Peraturan Pemerintah Nomor 99 Tahun 2000 tentang Kenaikan Pangkat PNS.
  2. Peraturan Pemerintah Nomor 12 Tahun 2002 yang mengubah beberapa ketentuan dalam Peraturan Pemerintah Nomor 99 Tahun 2000 tentang Kenaikan Pangkat PNS.
  3. Keputusan Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) Nomor 12 Tahun 2002 yang menjelaskan pelaksanaan Peraturan Pemerintah Nomor 99 Tahun 2000 tentang Kenaikan Pangkat PNS.

Prosedur Operasi Standar

Berikut adalah langkah-langkah dalam proses kenaikan pangkat otomatis:

  1. Penyusunan Daftar Nominatif PNS yang akan Naik Pangkat.
  2. Penerbitan Surat Rekomendasi dari atasan langsung.
  3. Verifikasi persyaratan yang harus dipenuhi untuk mengajukan permohonan kenaikan pangkat.
  4. Legalisasi berkas-berkas yang diperlukan untuk mengajukan kenaikan pangkat.
  5. Pengajuan Surat Permohonan kepada instansi terkait terkait dengan Kenaikan Pangkat Reguler, ditujukan kepada Biro Sumberdaya Manusia Ristek Dikti Jakarta.

Persyaratan Administrasi

Untuk mengajukan kenaikan pangkat, PNS harus memenuhi sejumlah persyaratan administrasi berikut:

  1. Fotokopi Kartu Pegawai (KARPEG).
  2. Surat Keputusan (SK) Penetapan NIP Baru.
  3. Fotokopi SK Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS).
  4. Fotokopi SK Pegawai Negeri Sipil (PNS).
  5. Fotokopi SK Pangkat terakhir.
  6. Penilaian Prestasi Kerja (SKP) dua tahun terakhir yang harus memiliki penilaian “baik”.
  7. Surat Rekomendasi dari atasan langsung.
  8. Berkas usulan dalam tiga rangkap yang telah disahkan oleh pejabat yang berwenang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *